multimedia adalah penggunaan komputer untuk menampilkan
dan mengkombinasikan text, graphics, audio, video dan animasi dengan
menggunakan links dan tools yang memungkinkan pemakai untuk
melakukan navigasi, berinteraksi, membuat, dan berkomunikasi atau berkolaborasi.
Dengan menggunakan teknologi multimedia, penyampaian informasi tidak hanya
berupa gambar dan teks saja, namun dapat mencakup teks, gambar, video dan
animasi.
Sebagai
contohnya pada bidang promosi, infromasi mengenai barang yang dipasarkan akan
lebih jelas dengan gambaran dari suatu video, dan juga suara penjelasan
mengenai barang tersebut. Lalu pada bidang pendidikan dapat dikemas suatu media
pembelajaran atau tutorial yang sangat kompleks dan canggih, sehingga
pembelajaran bagi siswa tidak membosankan.
Teknologi
multimedia memilik banyak keunggulan diantaranya adalah :
· Menarik
perhatian, karena aplikasi ini memiliki teknik penyajian yang menarik;
· Media alternatif dalam penyampaian
pesan, karena diperkuat dengan teks, suara, gambar, video, dan animasi;
· Meningkatkan kualitas penyampaian
informasi;
· Membuat aplikasi yang dibangun lebih
interaktif.
Dalam
implementasi multimedia, biasanya multimedia dikemas dalam bentuk suatu
aplikasi, baik itu aplikasi untuk satu
aspek tertentu maupun aplikasi pembangun multimedia itu sendiri. Aplikasi multimedia adalah, aplikasi
yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti :
dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi
multimedia dapat berupa company
profile, video untuk tutorial, e-Learning,
maupun Computer Based Training.
Contoh
lain implementasi multimedia adalah
·
Bidang
pendidikan : Pembelajaran melalui E-Learning yang menarik, tatap muka dengan
pengajar melalui media streaming
·
Bidang
bisnis : Aplikasi multimedia dalam
bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk,
database, catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan
video conference
·
Bidang
Kesehatan : Penyebaran suatu penyakit, bakteri, kuman dengan simulasi .
·
Rumah : Permainan konsol game seperti playsttation, xbox, Nintendo;
Smart TV.
Ponsel –
ponsel yang berbasis smartphone belakangan ini sangat banyak penggunaan
implementasinya khususnya game. Banyak game – game yang beredar di pasaran
produk masing – masing. Tidak hanya itu juga terdapat beberapa aplikasi –
aplikasi yang menarik seperti pengeditan foto secara langsung. Dan juga komik –
komik elektronik.
Daftar Pustaka :
Pemanfaatan Aplikasi Multimedia Sebagai
Sarana Penyebarluasan Informasi dan Penyuluhan Pertanian, Eko Nugroho 2009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar