Sabtu, 03 November 2012

Aplikasi Multimedia


multimedia  adalah penggunaan komputer untuk menampilkan dan mengkombinasikan text, graphics, audio, video dan animasi dengan menggunakan links dan tools yang memungkinkan pemakai untuk melakukan navigasi, berinteraksi, membuat, dan berkomunikasi atau berkolaborasi. Dengan menggunakan teknologi multimedia, penyampaian informasi tidak hanya berupa gambar dan teks saja, namun dapat mencakup teks, gambar, video dan animasi.
Sebagai contohnya pada bidang promosi, infromasi mengenai barang yang dipasarkan akan lebih jelas dengan gambaran dari suatu video, dan juga suara penjelasan mengenai barang tersebut. Lalu pada bidang pendidikan dapat dikemas suatu media pembelajaran atau tutorial yang sangat kompleks dan canggih, sehingga pembelajaran bagi siswa tidak membosankan.
Teknologi multimedia memilik banyak keunggulan diantaranya adalah :
·                  Menarik perhatian, karena aplikasi ini memiliki teknik penyajian yang menarik;
·      Media alternatif dalam penyampaian pesan, karena diperkuat dengan teks, suara, gambar, video, dan animasi;
·      Meningkatkan kualitas penyampaian informasi;
·      Membuat aplikasi yang dibangun lebih interaktif.
Dalam implementasi multimedia, biasanya multimedia dikemas dalam bentuk suatu aplikasi, baik itu aplikasi  untuk satu aspek tertentu maupun aplikasi pembangun multimedia itu sendiri. Aplikasi multimedia adalah, aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile, video untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based Training.
Contoh lain implementasi multimedia adalah
·        Bidang pendidikan : Pembelajaran melalui E-Learning yang menarik, tatap muka dengan pengajar melalui media streaming
·        Bidang bisnis : Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference
·        Bidang Kesehatan : Penyebaran suatu penyakit, bakteri, kuman dengan simulasi .
·        Rumah : Permainan konsol game seperti playsttation, xbox, Nintendo; Smart TV.
Ponsel – ponsel yang berbasis smartphone belakangan ini sangat banyak penggunaan implementasinya khususnya game. Banyak game – game yang beredar di pasaran produk masing – masing. Tidak hanya itu juga terdapat beberapa aplikasi – aplikasi yang menarik seperti pengeditan foto secara langsung. Dan juga komik – komik elektronik.

Daftar Pustaka :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar